Sinergi Literasi Informasi, UPT Perpustakaan Ummat Gandeng Pusda NTB

Spread the love

Mataram (Suara NTB) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menjalin kerjasama dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pusda) NTB. Tujuannya untuk penguatan sumber daya bidang perpustakaan dan dalam rangka mendukung program Gubernur NTB dalam upaya penguatan literasi informasi.

Penandatanganan kerjasama berlangsung tanggal 22 April 2019, oleh Kepala UPT Perpustakaan Ummat Iskandar, S.Sos.,MA dan Kepala Perpusda NTB Ir. H. Manggaukang Raba, MM.

Dijelaskan Iskandar, poin kerjasama yang dilakukan berkaitan dengan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga perpustakaan serta pengelolaan perpustakaan. “Kerjasama ini penting mengingat kami dan Perpusda merupakan lembaga yang salah tugasnya adalah meningkatkan literasi informasi masyarakat,” jelas Iskandar, Selasa, 23 April 2019.

Mengingat posisi Perpusda yang begitu strategis dalam fungsinya sebagai penyedia informasi, pihaknya beharap kedepannya kerjasama akan terus ditingkakan. Selain soal pengembangan SDM dan pengelolaan perpustakaan, juga masuk pada ranah pendidikan literasi pada masyarakat.

Terlebih, dengan melihat kondisi literasi masyarakat sangat mudah terjebak pada konsumsi dan penyebaran informasi-informasi hoax.

Sebenarnya di internal mahasiswa Ummat, upaya literasi ini sudah dilakukan UPT Perpustakaan dengan terus mengadvokasi literasi informasi. Polanya melalui penyelenggaraan pelatihan yang berhubungan dengan trik dan strategi penelusuran informasi.

“Sehingga mahasiswa mendapatkan gambaran informasi yang benar benar kredibel dan bisa digunakan sebagai basis data ilmiah dan terhindar dari informasi hoax,” harap Iskandar. (ars/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *