UPT PERPUSTAKAAN UMMAT BERI PENDIDIKAN INFORMASI BAGI MAHASISWA BARU

Mataram, – Dalam rangka meningkatkan literasi informasi mahasiswa, UPT Perpustakaan UMMAT melaksanakan kegiatan pendidikan pemakai bagi mahasiswa baru, di aula gedung kesehatan UMMAT, Sabtu (26/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru terkait keberadaan perpustakaan sebagai pusat informasi, yang tanggungjwabnya adalah mengadakan, mendistribusikan, mengolah, dan mengedukasi cara penggunaan informasi yang benar, dalam rangka meningkatkan kualitas karya ilmiah dan pemahaman akademik mahasiswa.

Dalam kegiatan ini mahasiswa diberikan pengetahuan tentang cara mengakses informasi secara manual, trik dan strategi penelusuran informasi digital, serta tehnik sitasi informasi untuk mencegah tindakan plagiarisme pada penulisan ilmiah.

Kegiatan pendidikan pemakai ini baru pertama kalinya diadakan di UMMAT, dilatarbelakangi tingginya kebutuhan informasi mahasiswa baik manual maupun digital, sehingga tanpa pengetahuan yang cukup resiko penyalahgunaan informasi itu bisa sangat tinggi.

Dalam sambutannya Kepala UPT Perpustakaan UMMAT Iskandar, S.Sos.,M.A. berkomitmen menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan wajib bagi mahasiswa baru sebelum pelaksanaan perkuliahan.

“Hal ini penting dilakukan dalam rangka mengedukasi dan memperkenalkan mahasiswa terkait cara penggunaan informasi, sehingga bisa meminimalisir penyebaran informasi hoax, yang sangat membahayakan kehidupan masyarakat,” sambungnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini sambutan mahasiswa baru sangat antusias, hal ini dilihat dari jumlah kehadiran mahasiswa baru yang hampir mencapai 700 orang sesuai dengan target perserta yang direncanakan oleh UPT Perpustakaan UMMAT.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan sosialisasi keberadaan BI Corner dan Aplikasi UPT Perpustakaan UMMAT yang bisa di download pada aplikasi Play Store secara gratis oleh mahasiswa UMMAT yang isi koleksi buku digitalnya sebanyak 300 judul.

“Ketersediaan fasilitas Ini akan sangat membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan informasinya di era industry 4.0 seperti saat ini,” pungkas Iskandar.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *